Selasa, 22 Desember 2020

Undangan | Penulisan Puisi Bersama | Bertema “WAKTU”

 


Salam Kreatif

Salam Literasi


     Momentum pergantian tahun dari 2020 ke 2021 mencatat beraneka kisah perjalanan di waktu lalu serta harapan di waktu mendatang. Ada sekian rencana yang dipaksa poranda oleh keadaan yang tak sebelumnya tak pernah terbayangkan. Sementara, di antara ketertatihan menapaki jalan yang menuntut ‘penyesuaian’, satu per satu, dua per dua, orang-orang yang kita sayangi dan kita hormati telah pergi mendahului.

 

     Di naung rasa syukur karena ‘masih ada waktu’ hingga hayat masih di kandung badan dan menjadi bagian dari sekian banyak perubahan yang terjadi di sekitar kita, komunitas ERABUKU, mengundang siapa saja untuk berkarya bersama dalam agenda “PENULISAN PUISI BERSAMAbertema utamaWAKTU”. Karya-karya puisi yang anda kirimkan akan dikurasi dan  diterbitkan bersama dalam satu buku.

 

     Ketentuan agenda ini, di antaranya adalah:

1. Undangan ini terbuka bagi siapa saja, baik pendidik, akademisi, peserta didik, orang tua peserta didik, jurnalis, dokter, petani, penulis, tentara, dll, tanpa batasan usia maupun latar belakang domisili.

 

2. Karya puisi sesuai dengan tema, dan bentuk yang bebas (boleh terikat dengan aturan puisi-puisi seperti Soneta, Kwatrin, Karmina, Haiku, Putiba, Patidusa, dsb).

 

3. Naskah puisi merupakan karya sendiri (bukan plagiasi dan atau terjemahan), dan boleh telah dipublikasikan di media massa (cetak/online) maupun akun jejaring sosial.

 

4. Peserta mengirimkan 2-5 judul karya puisi dengan diitulis dalam format doc./docx./pdf kuarto A4, Times New Roman 12, spasi 1 ( maksimal 1 halaman)

 

6. Di bawah naskah karya puisi dicantumkan biodata, berupa:

    (a) nama lengkap dengan gelar akademik,

    (b) serta lembaga tempat bekerja (jika ada),

    (c) alamat domisili lengkap (untuk pengiriman buku),

    (d) foto diri, e-mail, akun media sosial, nomor Whatssapp, dll, yang dapat dihubungi.

 

7. Naskah dikirim ke email: ERABUKU2020@GMAIL.CO­M atau melalui Whatsaap (WA): 085854274197. Dengan subjek: PUISIWAKTU_(NAMA ASLI PENULIS)_(NAMA KOTA DAN PROVINSI DOMISILI PENULIS). Contoh: PUISIWAKTU_Joni Lewandowski_Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

 

8. Batas akhir pengiriman naskah adalah  20 Januari 2021 Pukul 23.30 WIB.

 

9. Nama-nama PENYAIR TERPILIH akan diumumkan pada tanggal 25 Januari 2021 di Group Facebook Lingkar Studi Sastra Setrawulan (LISSTRA), media partner, dan via email/nomor whatsaap yang digunakan saat mengirimkan naskah puisi.

 

Pihak penyelenggara hanya membantu seleksi naskah, menerbitkan menjadi buku, promosi, dan memberikan e-sertifikat kepada semua kontributor. Buku akan diterbitkan secara Print On Demand (POD), secara indie/self publishing. Sedangkan biaya penerbitan dan cetak buku diusung bersama oleh segenap PENYAIR TERPILIH dengan cara membeli 1 (satu) eksemplar buku (dan atau membeli lebih dari satu buku). Biaya pembelian 1 (satu) eksemplar buku adalah Rp. 75.000,- (belum termasuk ongkos kirim). Ongkos kirim dihitung berdasarkan jauh-dekat tempat tinggal penyair.

 

Salam Kreatif

Salam Literasi

 

 

Penyelenggara:

Komunitas ERABUKU

e-mail: erabuku2020@gmail.co­m

 

Didukung dengan:

Lingkar Studi Sastra Setrawulan (LISSTRA)

Sebuah Komunitas Non-Sanggar

e-mail: lingkarstiga@gmail.c­om

 

Bekerjasama dengan:

GERBUKARTA (Gerakan Buku Karya Kita)

e-mail: gerbukarta_indonesia­@gmail.com

 

    dan beberapa lembaga lainnya.

 


Penanggungjawab:
Anjrah Lelono Broto

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN NUBAR PUISI TEMA “RUMAH” ---- Desember 2022 ----

  Salam Kreatif Salam Literasi        Berikut ini kami sampaikan daftar nama PENYAIR PILIHAN event nubar puisi bertema “Rumah” yang ...